Jumat, 05 November 2010

Bencana Merapi 2010


Merapi (ketinggian puncak 2.968 m dpl, per 2006) adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara. Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004.
Gunung ini sangat berbahaya karena menurut catatan modern mengalami erupsi (puncak keaktifan) setiap dua sampai lima tahun sekali dan dikelilingi oleh pemukiman yang sangat padat. Sejak tahun 1548, gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali.[rujukan?] Kota Magelang dan Kota Yogyakarta adalah kota besar terdekat, berjarak di bawah 30 km dari puncaknya. Di lerengnya masih terdapat pemukiman sampai ketinggian 1700 m dan hanya berjarak empat kilometer dari puncak. Oleh karena tingkat kepentingannya ini, Merapi menjadi salah satu dari enam belas gunung api dunia yang termasuk dalam proyek Gunung Api Dekade Ini (Decade Volcanoes).





Pada tanggal 25 Oktober, Gunung merapi telah memesuki status awas, meskipun begit, banyak warga yang belum mau berlindung ke tempat penggungsian. Merek berpendapat bahwa gunung merapi yang selama ini bersama mereka tidak akan meletus lagi seperti kejadian sebelumnya. Tapi naas bagi warga yang ngeyel tersebut, pada tanggal 26 Oktober 2010, puncak dari segalany, guung merapi meletus kan lahar panas. Keesokan harinya, telah banyak warga yang menjadi korban keganasan gunung merapi, termasuk penjaga gunung merapi, Mbah Marijan. Mbah Marijan di temukan meninggal pada keesokan sorenya, artis bintang iklan sutu produk minuman lelaki tersebut meninggal pada saat solat ishak ( diperkirakan begitu). Bukan hanya mbah marijan yang meninggal, tapi juga beberapa warga yang tidak sempat meninggalkan desanya, tercatat yang meninggal di rumah mbah Marijan lebih dari 10 orang ,termasuk wartawan sebuah televisi nasional yang berada di sana untuk membuuk mbah Marijan untuk turun ke penggungsian.




sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Merapi
http://rovicky.wordpress.com/2010/10/27/foto-letusan-gunung-merapi-oktober-2010/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar